Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

5 Karakter konsumen yang wajib diketahui agar dapat meningkatkan penjualan

Tidak akan pernah ada satu cara dasar yang dapat ditetapkan untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen.

Mengapa demikian? Hal ini biasanya disebabkan karena setiap konsumen memiliki keunikannya masing-masing, sehingga perlu dilakukan pendekatan dengan metode yang berbeda.

Jika kita adalah seorang penjual dan kemudian berusaha mensama ratakan seluruh calon konsumen, maka sedang melakukan sebuah kesalahan besar.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, seorang penjual harus memiliki metode pendekatan yang berbeda-beda bergantung kepada siapa calon konsumennya.

Dengan mempelajari karakter konsumen yang ada, akan dapat memaksimalkan hasil akhir yang ingin didapatkan dari calon konsumen. Hasil akhir berupa keputusan pembelian yang dibuat oleh calon konsumen tersebut.

Yuk kita bahas lebih dalam, berikut adalah 5 karakter konsumen dilihat melalui sudut pandang penjual:

[1] Konsumen Potensial

Tipe konsumen potensial ini harus menjadi prioritas dari target pasar kakak. Secara teknis, konsumen potensial belum menjadi konsumen kakak, akan tetapi sangat berpotensi untuk menjadi konsumen.

Pastikan memberikan pelayanan dan informasi yang lengkap dan terbaik kepada tipe konsumen potensial.

Tipe-tipe ini biasanya telah menunjukan ketertarikannya terhadap produk atau jasa yang kakak jual, baik melalui pengisian form contact, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada marketing channel yang dimiliki, atau setidaknya telah mengunjungi website dan melakukan subscribe.

Untuk konsumen potensial ini, kita dapat melakukan sedikit pancingan untuk sesegera mungkin membuatnya mengambil keputusan untuk membeli.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan diskon kepada mereka. Tentunya, memberikan diskon kepada konsumen potensial akan menjadi metode yang sangat efektif.

Akan tetapi, pastikan juga telah menunjukan nilai dari produk atau servis yang dijual secara jelas kepada para konsumen potensial sebelum memberikan diskon.

Kakak harus lebih menekankan kepada hal-hal yang menarik perhatian mereka, dan pastikan bahwa apa yang mereka cari bisa didapatkan melalui produk yang kakak jual.

[2] Konsumen Baru

Kali ini, kita akan berhadapan dengan orang-orang yang baru saja membeli produk kita.

Konsumen baru biasanya akan memasuki fase beradaptasi saat mencoba melakukan pembelian pertamanya, sehingga perlu memastikan bahwa fase beradaptasi ini berjalan dengan lancar.

Meskipun telah berhasil membuat mereka membeli produk, akan tetapi kakak tidak dapat meninggalkan mereka begitu saja.

Kakak harus memastikan setiap konsumen baru merasa nyaman dan merasa senang dalam menggunakan produk atau jasa yang dijual.

Untuk memastikan konsumen baru merasa nyaman dan senang, maka perlu memberikan arahan kepada konsumen baru tersebut.

Biasanya proses memberi arahan dilakukan dengan memberikan penjelasan lengkap mengenai produk dan cara penggunaannya ataupun sistem kerjanya.

Disamping itu, setelah memberikan penjelasan yang jelas maka perlu juga untuk memberikan kontak yang dapat dihubungi. Nomor kontak yang diberikan akan memudahkan konsumen baru saat mereka mengalami problem dengan produk yang baru dibeli.

[3] Konsumen Impulsif

Tipe dari konsumen ini adalah tipe konsumen yang dapat membuat keputusan dengan cepat, bergantung apabila kondisi yang terjadi sangat tepat.

Kakak tidak perlu melakukan hal persuasif berlebihan dalam meyakinkan tipe konsumen yang bersifat impulsif. Apa yang dibutuhkan konsumen yang bertipe impulsif adalah kemudahan yang diberikan.

Semakin mudah langkah-langkah yang diberikan untuk dapat membeli produk atau servis, maka semakin besar kesempatan konsumen impulsif akan memutuskan untuk membeli.

Contoh: Jika menawarkan jasa pengiriman barang, maka kemudahan yang ditawarkan seperti kemudahan melakukan tracking barang yang dikirim, atau kemudahan dalam pick-up barang akan menjadi salah satu hal penting yang akan mendorong konsumen impulsif untuk memutuskan pembelian.

Jadi, untuk mendapatkan konnsumen impulsif ini harus memastikan bahwa semua proses yang terjadi sudah bersifat otomatis dan mudah untuk digunakan. Hal ini akan membuat kakak satu langkah lebih maju diantara para kompetitor.

Ditambah lagi, jika mendapatkan pertanyaan dari para konsumen yang bersifat impulsif maka berikan respond yang cepat dan singkat namun jelas.

[4] Konsumen Diskon

Konsumen tipe ini adalah seorang konsumen yang telah melihat nilai yang kakak tawarkan dari produk atau servis, akan tetapi tetap enggan untuk membelinya pada harga yang ada.

Untuk mengatasi konsumen tipe ini, usaha mempersuasif mereka mungkin akan menjadi sia-sia. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan beberapa diskon atau penawaran kepada mereka.

Namun, disaat diskon yang diberikan telah habis, mungkin bisa saja akan kesulitan untuk menjaganya menjadi pelanggan.

Konsumen jenis ini biasanya akan pergi begitu diskon yang diberikan sudah habis dan tidak berlaku. Maka dari itu,  untuk meningkatkan peluang dalam menjaga konsumen tipe ini sebagai pelanggan, kita perlu menunjukkan kepadanya bahwa dia tidak hanya mendapatkan produk dengan harga diskon, namun juga mendapat after sales yang luar biasa dengan pembeliannya.

Pastikan untuk memberikan nilai tambah pada produk yang akan membuat konsumen berpikir dua kali sebelum beralih kepada kompetitor, sekecil apapun itu nilai tambah.

[5] Konsumen Loyal

Kita semua pastinya berharap bahwa semua konsumen yang dimiliki memiliki sifat loyal kepada produk atau servis yang kita miliki.

Konsumen loyal biasanya akan tetap kembali, dan bahkan dapat mejadi brand ambassador bagi Anda dengan kemungkinan word of mouth marketing yang terjadi.

Konsumen loyal akan merekomendasikan produk atau servis kakak kepada teman maupun keluarganya. Sebab itu, konsumen tipe ini memiliki pengaruh yang luar biasa kepada setiap bisnis.

Selalu berikan semua yang terbaik bagi mereka secara produk maupun after sales service, dan lihat hasil yang akan diberikan.

Nah, itulah 5 karakter konsumen yang ada jika dilihat dari perspektif penjual. Untuk memaksimalkan penjualan, kita harus memperlakukan setiap tipe konsumen dengan berbeda sesuai dengan kebutuhan dan sifat masing-masing konsumen.

 


Note:
Yang mau punya Hang-Tag oLshopnya yuk klik >> DAFTAR PRIORITAS SEKARANG
Pastikan untuk cek update hijabq di channel telegram, klik di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *