Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Hati-Hati, 6 Pemikiran Ini Bisa Menyebabkan Anda Gagal Meraih Impian Bisnis

 

Punya impian besar dan tekad yang kuat saja tidak cukup untuk bisa meraih impian Anda. Faktor lain yang menentukan sukses tidaknya Anda berbisnis adalah tindakan dan pola pikir Anda. Punya impian yang besar tapi pola pikir Anda salah, akan bisa menghambat tindakan Anda. Akhirnya, impian Anda bisa jadi malah semakin menjauh dan tidak tercapai.

 

Jika Anda serius berbisnis, berhati-hatilah dengan pola pikir berikut ini, karena dapat menyebabkan Anda gagal dalam berbisnis :

 

1) TAKUT DITOLAK

 

Semua manusia tidak suka dengan penolakan. Tapi ketika Anda menjadi entrepreneur, Anda harus terbiasa dengan penolakan. Ditolak klien, ditolak customer, bahkan ditolak calon pemodal sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang entrepreneur.

 

Sering mengalami penolakan justru mampu meningkatkan daya tahan mental Anda. Lama-kelamaan Anda akan santai dan fleksibel menghadapi situasi di luar perkiraan Anda.

 

Takut ditolak juga seringkali menjadi momok besar bagi seorang pengusaha untuk memulai karirnya. Mentang-mentang khawatir ditolak, jadi batal mengajukan penawaran produk ke distributor. Mentang-mentang takut ditolak, jadi batal ikut lelang proyek. Batal terus, kapan bisnisnya bisa jalan?

 

2) BERBISNIS ITU SULIT

 

Mindset berikut ini juga sering menjadi penghalang besar bagi banyak orang untuk memulai bisnis mereka. Entah karena sering mendengarkan keluh kesah orang yang gagal berbisnis atau karena memang belum tahu jalannya, sebagian besar orang pasti mengira bahwa bisnis itu sulit. Akibatnya tak sedikit orang yang jadi luntur semangatnya dan batal membuka bisnis.

 

Padahal, sulit tidaknya sebuah bisnis baru akan terasa ketika kita sudah mencoba. Dan selalu ingat kata pepatah: “Selalu ada kemudahan di balik setiap kesulitan”.

 

3) MERASA TERLALU MUDA ATAU TERLALU TUA

 

Usia seharusnya tidak lagi menjadi penghalang Anda untuk menjalankan bisnis. Merasa Anda masih muda tapi mau berbisnis? Mengapa tidak. Banyak sekarang entrepreneur muda yang sukses membangun bisnis mereka sendiri di usia belasan dan 20 tahunan.

 

Merasa Anda terlalu tua untuk memulai sebuah bisnis? Banyak juga loh bisnis-bisnis besar legendaris di luar sana yang sukses didirikan oleh orang yang seharusnya malah sudah harus pensiun.

 

Contohnya Colonel Sanders yang sukses membangun KFC. Beliau justru memulai bisnisnya ketika usianya memasuki usia senja. Ketika orang lain memilih beristirahat dan bersantai menikmati pensiun, Colonel Sanders justru giat menawarkan resep ayam gorengnya ke ratusan restoran.

 

4) MERASA KEKURANGAN WAKTU

 

Tidak ada orang yang benar-benar tidak memiliki waktu untuk mengerjakan bisnis mereka. Semua hanya masalah prioritas dan manajemen waktu yang baik. Anda merasa saat ini Anda terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk membangun bisnis Anda sendiri? Coba pikirkan ulang. Bisa jadi itu hanyalah mental block saja dari otak Anda.

 

Evaluasilah kegiatan harian Anda dan atur ulang skala prioritas rutinitas Anda. Pasti Anda nanti bisa menemukan waktu untuk mengerjakan bisnis Anda.

 

5) TIDAK TAHU HARUS MEMULAI DARI MANA

 

Ini juga jadi momok banyak orang saat akan memulai bisnis. Mereka ingin sekali memiliki bisnis, tapi tidak tahu harus memulai dari mana. Apakah Anda pernah merasa demikian?

 

Bagaimana cara memulai bisnis? Ya tinggal dibuka saja bisnisnya. Carilah customer dan pelanggan Anda, bangun list building customer Anda mulai sekarang juga.

 

6) TAKUT GAGAL

 

Takut gagal juga seringkali menjadi penghalang bagi kita untuk berbisnis. Tapi perlu Anda ketahui, tidak hanya soal bisnis, sejak kecil pun Anda sudah sering gagal. Jadi kenapa musti takut dengan kegagalan?

 

Ketika Anda kecil, Anda belajar untuk berjalan juga mengalami banyak kegagalan. Anda jatuh, Anda menangis, lalu bangkit dan mencoba berjalan lagi hingga bisa berlari seperti sekarang.

 

Begitu juga dengan bisnis. Jangan pernah takut gagal. Kuncinya adalah coba saja terus. Ketika Anda mengalami kegagalan, segera temukan solusinya dan bangkit. Ingatlah hukum alam, bahwa di setiap kesulitan selalu ada kemudahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *