Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

AIDA untuk copywriting penjualan

 

Dalam teknik menulis penawaran yang menjual, Anda perlu mengetahui AIDA. Sounds like women, right?, tapi ini bukan tentang wanita hehehe…

 

AIDA adalah suatu singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Dengan menggunakan formula AIDA, anda bisa mengubah sebuah halaman kosong di layar komputer Anda menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian sampai membuat orang lain mengambil tindakan.

 

Itulah mengapa AIDA sering dikaitkan dengan copywriting.

 

Meskipun identik dengan copywriting, tapi kamu juga bisa menggunakan formula ini untuk membuat tulisan apapun supaya menarik.

 

Saya akan jelaskan satu persatu

 

1. Attention

 

Di dunia maya buaanyak sekali informasi bersliweran, tugasmu adalah menarik perhatian pembaca dalam waktu yang cepat.

 

Karena jika tidak, maka tulisanmu akan dilewatin gitu aja.

 

Menurut penelitian dari SilverPop yang dilakukan pada tahun 2013, kita harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang. Sedangkan manusia mengedipkan mata tiap 4 detik.

 

 

Artinya kalau kamu ga bisa dapetin dalam 2 kali kedipan mata, maka mereka akan langsung pergi gitu aja.

 

 

Jadi kamu harus tarik perhatian mereka melalui:

– Headline / Judul

– Gambar

– Kalimat Pembuka

 

Untuk membuat 3 elemen tersebut, kamu bisa menggali solusi dari permasalahan marketmu atau buat mereka merasa “ah itu gw banget”

 

Berikut adalah kalimat yang bisa menarik perhatian calon pembelimu:

 

“ Ingin tampil beda dari kebanyakan orang yang ada?”

“Mau turun berat badan dalam waktu sebulan tanpa diet yang menyiksa?”

“Anak Anda ingin makan dengan lahap tanpa membuat Anda repot?”

 

Kamu harus bisa menggali keinginan mereka agar bisa mendapatkan headline / kalimat pembuka yang menjadi jawaban mereka seperti contoh diatas.

 

2. Interest

 

Setelah berhasil menarik perhatian mereka, maka langkah selanjutnya adalah buat mereka tertarik dengan kamu.

 

 

Buat mereka sadar dengan besarnya masalah mereka.

 

 

Untuk memancing interest, cara terbaiknya adalah dengan menyediakan:

 

– Informasi/fakta

– Statistik

– Studi kasus

– Kondisi idealnya

– Alasan

 

3. Desire

 

Dalam tahap ini, buat mereka sangat menginginkan produkmu.

 

Desire mirip dengan interest, bedanya adalah, disini lebih banyak bermain emosi dan logika dengan menampilkan benefit produk. Tapi perlu kamu ingat sangat berbeda antara benefit (manfaat) dengan fitur.

 

 

Karena mereka tidak peduli dengan produkmu, mereka peduli pada dirinya sendiri.

 

Jadi saat menulis, posisikan dirimu dalam sudut pandang mereka dengan menulis manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produkmu.

 

Contoh:

 

1. Fitur: Dibuat dari bahan case terbaik dan bisa custom

 

Manfaat: “Dengan jasa kami, Anda bisa memiliki case handphone yang hanya dimiliki oleh Anda di dunia ini, membuat Anda makin unik percaya diri karena tampil berbeda sehingga jadi pusat perhatian”

 

 

2. Fitur: Dibuat dari bahan alami tanpa mercury

 

Manfaat: “Dengan produk kami, wajah Anda makin putih berseri tanpa khawatir iritasi karena dibuat dari bahan alami yang membuat kulit wajah Anda aman dan nyaman”

 

4. Action

 

Mengajak mereka untuk mengambil tindakan.

Membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon. Ungkapkan di bagian ini.

 

Bagian ini sering disebut call to action (CTA).

Jangan dilupakan, karena kamu akan sering menemukan istilah tersebut mulai dari sekarang. Sesuai fungsinya tadi, CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email. Dan disertai harga jika kamu menjual sesuatu.

 

 

Terakhir, gabungkan keempat bagian dalam formula AIDA tadi secara berurutan mulai dari Attention, Interest, Desire, Action.

 

Selamat Anda telah memiliki struktur copywriting yang menjual!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *