Siapa yang sering nemuin konten promosi toko online di sosial media?
Biasanya konten berupa gambar atau video.
Isi konten juga nggak jauh-jauh dari pengenalan produk, hiburan/entertainment, edukasi, tips & trik, tutorial, Q&A, sharing sesuatu yang relate dengan banyak orang, dan sebagainya.
Konten produk tidak hanya pakai tulisan saja, tapi bisa pakai gambar atau video agar lebih bervariasi.
Konten yang bagus bisa menarik minat audience untuk lihat konten yang Anda buat.
Sehingga beberapa audience memiliki rasa tertarik terhadap produk Anda dan berniat untuk membeli.
Alasan konten produk diperlukan untuk pemasaran :
#1: Memudahkan konsumen mendapatkan info produk
Konten dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan penyampaian yang dilakukan tidak hanya pakai kalimat tapi bisa juga pakai gambar atau video.
Konten dibuat semenarik mungkin agar konsumen tertarik melihat, selain itu informasi yang disampaikan juga tidak asal.
Contoh, Anda ingin membuat konten produk dengan gambar.
Anda bisa memakai foto produk dan menambahkan info singkat untuk informasi lengkapnya bisa cantumkan di caption.
#2: Teknologi merubah cara pikir konsumen dalam mencari info produk
Teknologi yang semakin maju dan kemampuan konsumen untuk menggunakan internet, tidak heran konsumen bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Terutama kebutuhan dalam mencari info produk.
Banyak konsumen yang lebih memilih cari info produk di internet daripada ke tokonya langsung (toko offline), hal ini yang membuat konsumen beralih belanja online.
#3: Konten membuat pemasaran jadi efektif dan efisien
Kenapa pebisnis lebih memilih membuat konten untuk pemasaran produk mereka?
Karena proses pemasaran menggunakan konten lebih efektif dan efisien.
Pengguna internet dapat melihat konten yang di posting tanpa mengenal kapan waktunya (bisa pagi, siang, sore dan malam) atau dimana lokasi konsumen (rumah, kantor dan lainnya).
#4: Konten mempertahankan pelanggan lama atau baru
Jangan kaget saat Anda punya konten bagus, calon konsumen akan berdatangan.
Jangankan calon konsumen, pelanggan lama pun akan betah di toko Anda jika konten yang dibuat berisi informasi yang dibutuhkan.
Konten bisa mempertahankan pelanggan lama.
Anda bisa memanfaatkan opini dari pelanggan lama.
Misalnya membuat konten review, ajak pelanggan lama untuk memberi review tentang produk yang dibeli.
Konten review ini dapat meyakinkan pelanggan baru bahwa produk Anda sudah terpercaya di kalangan konsumen dan memiliki rating bagus.
#5: Konten dapat menarik banyak konsumen
Konten yang menarik pasti berisi informasi yang dibutuhkan pelanggan.
Sehingga pelanggan memiliki kepercayaan terhadap produk yang dilihat dari konten dan tidak ragu untuk membeli produk tersebut
Hal ini jelas akan menguntungkan pebisnis, dimana kepercayaan tersebut bisa menuntun konsumen tidak hanya membeli tapi mempromosikan produk ke orang terdekatnya.
Sekarang Anda sudah tahu alasan konten sangat diperlukan untuk promosi produk Anda.