Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Baca 3 Hal Ini Sebelum Buat Copywriting!

 

Di dalam dunia digital marketing, copywriting merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan konversi penjualan. Walaupun bukan satu-satunya cara, tapi tulisanmu memegang peranan penting dalam menenentukan ketertarikan orang dengan produk atau jasamu.

 

Sebenarnya inti dari copywriting bukan hanya pada tulisan, tapi juga pada “psikologi” manusia. Karena penawaran yang Anda tulis harus bisa mempengaruhi alam pikiran pembaca.

 

Jadi kamu bukan hanya sekedar menulis iklan, tapi juga harus bisa merasakannya dengan hati, karena tulisan yang ditulis dengan hati akan sampai juga di hati. Kebalikannya, tulisan yang ditulis asal-asalan yang penting “bombastis” akan membuat pembaca menjadi skeptis karena tulisanmu terlalu lebay!

 

Lalu apa aja yang harus dilakukan sebelum melakukan penulisan?

Karena tulisan ini mungkin sedikit lebih Panjang, ada baiknya Anda siapkan kopi dulu dan resapi tulisan ini baik-baik.

 

Perlu kamu ingat bahwa seorang copywriter adalah orang yang mendalami psikologi manusia. Beratus-ratus atau beribu-ribu template copywriting akan percuma jika kamu tidak tau dasar psikologi manusia. Karena tulisan yang dibuat harus bisa mempengaruhi mereka, atau dalam kata lain Anda harus bisa masuk ke dalam pikiran mereka, sedangkan dalam alam pikiran manusia ada “critical area” yang harus ditembus.

 

Dalam hal ini saya akan coba jelaskan sedikit tentang psikologi manusia. Biasanya calon pembeli yang “pelit” akan sulit mengeluarkan uang untuk produk atau jasa Anda. Tapi menurut para pakar “neuroimaging” calon pembeli yang pelit dapat diluluhkan dengan 3 cara, yaitu:

 

  1. Reframing Value

Jika ada sebuah produk atau jasa dengan harga 3juta mungkin akan terlihat besar bagi si pelit, tapi jika kamu reframing menjadi “HANYA 100ribu/hari” mungkin ke-pelit-annya akan luntur dan menerima penawaran yang menjadi terlihat murah. Walaupun sebenarnya harganya sama saja, hanya saja bisa dicicil dengan nilai lebih murah.

 

Bisa juga kamu memberikan penawaran dengan harga ratusan ribu tapi benefitnya lebih dari itu.

 

  1. Bundling

George Loewenstein, seorang ahli Neuroekonomi mencatat bahwa kebanyakan konsumen lebih memilih menyelesaikan pembelian mereka dalam sekali transaksi daripada membeli sesuatu secara terpisah.

 

Pembelian produk secara terpisah akan terlihat banyak dan mahal, dan itu terasa memberatkan bagi seorang pembeli. Jadi buatlah paket bundling untuk meredam rasa keberatan mereka.

Misalkan kamu menjual aksesoris Apple seperti Macbook. Maka kamu bisa membuat bundling paket seperti ini:

  1. Case macbook premium
  2. Tas macbook
  3. Keyboard cover macbook

 

Kamu bisa membuat bundling 3 produk itu dengan satu harga di marketplace atau sosial media, disamping terlihat lebih murah, hal itu akan membuat konsumen merasa mudah dan simple. Ga perlu ribet lagi pilih produk untuk perlindungan macbook mereka.

 

3.Terlihat Murah

Carnegie Mellon University mengungkapkan data penelitian bahwa satu kata bisa mempengaruhi tingkat konversi. Peneliti tersebut membuat percobaan penawaran dengan menambah satu kata yaitu “HANYA” dalam penjualan DVD. Yang satu ditulis “dengan biaya $5” kemudian yang satu lagi “HANYA dengan $5” dan ternyata bisa meningkatkan konversi hingga 20%

 

Saya rasa 3 tips itu udah cukup ya buat kamu cerna dan praktekin,

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *