Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Bisnis Ya Bisnis Temen Ya Temen

 

 

Sering banget ngalamin, atau dengerin keluhan temen¬† yang baru punya bisnis. Banyak banget orang-orang yang “ngakunya” temen, ketika kita baru punya bisnis, atau udah punya bisnis dan butuh sesuatu dari kita, dia pasti bilang “Murahin dong kan temen” (sambil nyengir)

Mereka ingin menghargai usaha temen, atau mau ngejatuhin ya? bukan begitu setau saya untuk menghargai usaha temen. Malah kayak gitu, bikin dia males ngeladenin Anda. Bisnis ya bisnis, temen ya temen, harus dibedain.

Anda pernah ngalamin ini juga gak? kalau Anda pernah, pasti rasanya jengkel banget ya?

Tapi saya punya saran untuk Anda. Anda pasti pernah denger pepatah bilang “Hargailah orang lain, maka orang itu akan menghargai Anda”

Saya yakin, kata ini masih berlaku sampai sekarang. Sebelum Anda dihargai, Anda harus menghargai orang.

Jadi, kalau misalnya Anda punya temen yang baru buka usaha/bisnis. Beli lah produk/karya dia, sesuai dengan harga yang dia jual. Atau, kalau pun Anda ingin menawar, jangan sadis.

Tapi gimana kalau Anda yang misalnya baru buka usaha, dan langsung menghadapi situasi begitu?

Anda tinggal jawab aja “sorry ya, gue buka usaha bukan untuk temen doang. Masih banyak orang yang menghargai karya/produk gue, dengan harga yang udah gue tentuin.”

Saya yakin deh, orang itu akan ngerasa malu. Kecuali kalau dia emang keras kepala, ya beda lagi ceritanya. Tinggalin aja temen kayak gitu.

Kita perlu mengeliminasi teman yang toxic dan negatif. Fokus bergaul sama yang positif agar hidup lebih tenang, tentram, damai, dan bisa terus bertumbuh.

Sekali lagi, inget! Hargai orang lain, maka orang lain akan menghargai Anda. Tanamkan itu dalam diri Anda.

 

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *