Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Course Atau Pelatihan

 

 

Teman – teman

di internet banyak sekali course, pelatihan, buku, serta seminar yang membahas tentang cara mengembangkan bisnis online.

Bagi sebagian orang mereka sangat terbantu sekali ketika mereka bisa mengikuti sebuah course / pelatihan karena mereka bisa belajar dengan lebih cepat dan meminimalisir resiko dan kegagalannya.

Tapi bagi sebagian orang, adalah sebuah hal yang “ haram “ karena anggapannya itu hanya sebuah modus si orang yang membuka course / pelatihan untuk mencari uang semata, mungkin saja ia pernah mengikuti sebuah course / pelatihan namun ia merasa kecewa karena ekspektasi yang diinginkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Well.. bagi saya pribadi, mengikuti sebuah course / pelatihan bukanlah sebuah modus, saya sendiri sering mengikuti course / pelatihan untuk bisa belajar lebih cepat. 

Bayangkan jika saya harus belajar sendirian, otodidak, tidak ada teman – teman, mentor serta buku – buku yang saya baca. Maka saya tidak akan tahu tuh internet marketing itu seperti apa dan memperbesar kapasitas bisnis saya.

Kalau semua hal dianggap sebagai “ modus “ maka seharusnya anda tahu, bahwa semua produk yang anda beli adalah hasil dari “ modus “ juga. Anda termakan modus iklan hp, baju di mall, boneka / tas yang anda beli.

Saya menganggap nya ilmu adalah sebuah kebutuhan agar saya bisa berkembang. Saya butuh makan, maka saya beli beras. Saya butuh hp untuk bisa berkomunikasi. Saya butuh ilmu agar saya mendapatkan informasi dengan begitu cepat tanpa perlu belajar secara membabi buta dan asal action. 

Lalu, mengapa sih ketika anda sudah mengikuti sebuah course tapi anda tetap tidak bertumbuh? Sebelum anda membuat pendapat sebuah pelatihan itu tidak berguna, coba perhatikan 3 kesalahan fatal yang mungkin saja anda rasakan :

 

  1. Bisa jadi ketika anda mengikuti sebuah course, anda tidak praktek.

 

Sering kali masalah utama yang dihadapi bukan di ilmu nya yang susah, tapi orangnya yang kurang motivasi. Sedangkan di sebuah course fokusnya mengajarkan ilmu bisnis, bukan motivasi / inspiring story.

 

  1. Anda berpikir kalau sudah ikut course berarti sudah pasti berhasil, sehingga waktu gagal, anda malah menyerah begitu saja tanpa mau praktek lagi dan merasa course nya tidak bermanfaat

 

Bayangin, yang membuat course saja, pasti sering gagal… kalau anda berpikir kalau mengikuti course langsung berhasil, nenek – nenek juga bakal ngikut course itu. Kebanyakan course biasanya akan mengajarkan pola – polanya saja. Soal berhasil / gagal pasti ada, dan ketika gagal disitulah peran pemilik course / teman di komunitas yang membeli course tersebut membantu. Kalau anda malah langsung nyerah, kesalahannya bukan pada course nya, tapi pada diri anda sendiri

 

  1. Cuma FOKUS sama ilmunya saja, lupa sama relasi di dalam komunitasnya

 

Sering kali orang lupa bahwa dirinya itu tuh makhluk sosial. Butuh teman, butuh ngobrol, butuh bergaul kalau mau berkembang. Pada saat saya mengikuti pelatihan, saya ga manfaatin untuk ambil ilmunya aja, tapi juga relasinya.

Karena dari relasi itu kalau gagal kita bisa sama – sama belajar, juga bisa sama – sama memotivasi, terkadang malah bisa jadi partner bisnis. Sampai saat ini, saya dikelilingi oleh sahabat – sahabat saya yang kenalnya dari pelatihan / course baik online maupun offline, kita sama – sama bersinergi dan saling membantu satu dengan yang lain.

 

So…. 

Bagi saya belajar adalah sebuah keharusan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *