Instagram VS Facebook mana yang efektif untuk bisnis kita?

Jaman Now siapa yang nggak kenal 2 sosial media ini?
Kalau nggak kenal cuma ada 2 kemungkinan
1. Gak tau apa itu internet
2. Di sebuah negara/wilayah yang informasi dari luar gak boleh masuk

Kami anggap kaka semua udah pasti tau apa itu instagram dan facebook

Untuk kelasnya kaka, yang udah jadi member hijabq harus mengerti hal ini.
Media sosial bukan cuma buat ha ha hi hi, tapi kita juga harus bisa jadikan sosial media sebagai sarana bisnis, tempat promosi

Seperti biasa, kita mesti tau kenapa sih harus promosi di IG atau FB?

Jawabannya adalah
Pengguna IG sudah mencapai 1 Milyar di dunia dan 50 juta pengguna di indonesia

Lebih gila lagi, Pengguna FB sudah di angka 2,23 Milyar

Kalo nggak percaya klik aja di sini dan di sini

Sebelum mengambil kesimpulan mana yang lebih efektif, ada baiknya kita mesti tau apa aja sih fitur/fasilitas dari kedua sosial media ini

Facebook

Image

Meskipun fitur untuk dapat mengunggah foto atau image telah banyak di terapkan pada media sosial lainnya, namun kelebihan dari upload image pada facebook yaitu kualitas gambar yang nggak akan berubah.

Sehingga dapat dipastikan kalau detail gambar dari produk akan terlihat lebih jelas, tentunya apabila hal ini di lihat dari sisi konsumen maka akan memuaskan sebab konsumen dapat melihat kualitas produk hanya dari gambar serta akan membantu mempermudah mereka dalam membuat keputusan pembelian.

Di samping kelebihan tersebut, adapun kekurangannya yaitu apabila ingin mengedit foto sebelum di unggah pada Facebook maka harus menggunakan perangkat atau software lain sebab Facebook hanya memberikan fasilitas edit foto yang berupa crop picture (memotong gambar) dan tag picture (memberi tanda pada gambar)

Video

Awalnya sih fitur ini jarang digunakan oleh para pengguna Facebook, tapi sekarang udah semakin marak di gunakan sebab persaingan bisnis online juga semakin ketat sehingga menuntut para pelaku bisnis lebih kreatif lagi dalam hal promosi atau memperkenalkan serta menjual produknya.

Kelebihan dari fitur upload video ini kurang lebihnya hampir sama seperti upload image, yaitu kualitas video tidak akan berubah bahkan tidak ada batasan durasi yang di berikan oleh pihak developer Facebook sebab kapasitas yang Facebook miliki lebih besar di apabila kita bandingkan dengan media sosial lainnya.

Namun kekurangan dari fitur ini juga sama seperti fitur image yaitu apabila ingin mengedit tidak bisa dilakukan secara langsung melalui Facebook melainkan butuh aplikasi lain apabila ingin memberikan efek pada video yang ingin diupload.

Fanpage/Halaman

Fitur ini merupakan fitur terbaik yang di berikan oleh developer Facebook bagi para pebisnis online. Untuk membuat akun fanpage juga sangatlah mudah, hanya dengan satu syarat yaitu Anda harus memiliki akun pribadi pada media sosial Facebook terlebih dahulu sebelum membuat akun fanpage ini.

Kelebihan yang diberikan dari fitur ini bagi keberlangsungan bisnis yaitu dapat dengan bebas melakukan update terhadap produk tanpa takut tercampur dengan konten pribadi kaka serta memudahkan para calon pembeli mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang kaka tawarkan.

Selain itu terdapat pula kelebihan lainnya dari fitur ini, seperti jumlah fans yang tidak ada batasnya, mendapatkan indeks dari search engine, free tag dan dapat muncul pada newsfeed buyer.

Dan satu hal yang terpenting yaitu interface yang diberikan oleh fanpage memberikan kesan yang profesional sehingga akan memudahkan untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli

Instagram

Editorial Image

Instagram merupakan media sosial pertama yang menjadikan gambar sebagai konten utamanya, maka dari itu Instagram punya banyak banget macam jenis efek serta filtrasi yang unik plus lucu yang bisa langsung diterapkan pada gambar yang akan kakak upload. Jadi, kaka nggak perlu repot untuk menggunakan aplikasi lain pada saat ingin mengedit foto

Namun di samping kelebihan tersebut, Instagram memiliki kelemahan yaitu nggak bisa secara langsung mendownload foto dari akun orang lain tanpa bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Selain itu kualitas dari gambar yang terdownload juga akan mengalami penurunan kualitas sebab Instagram akan menyesuaikan kapasitasnya pada penggunaan di smartphone.

Editorial Video

Sama seperti fitur edit image. Instagram juga memiliki berbagai efek serta filter yang unik agar dapat digunakan pada video yang nantinya akan diupload selain bisa memotong durasi ataupun bagian yang tidak Anda inginkan pada video langsung di Instagram.

Kelemahan dari fitur ini yaitu sama seperti fitur yang sebelumnya, sama – sama akan terjadi penurunan kualitas atau mutu video pada saat Anda mendownloadnya. Selain itu kelemahan lainnya adalah, durasi video pada Instagram tergolong singkat apabila di bandingkan dengan media sosial Facebook, pada Instagram durasi video hanya dapat berlangsung selama 1 menit saja.

Hashtag

Hashtag hampir sama fungsinya seperti keyword pada search engine, selain itu fungsi hashtag pada Instagram juga tidak jauh berbeda dengan yang ada pada media sosial twitter. Dengan menggunakan fitur ini maka pengguna akan bisa langsung masuk pada topik yang ingin di lihat atau di cari. Sehingga fitur ini akan sangat membantu dalam mempromosikan produk yang kita miliki

Hanya dengan mencantumkan hashtag popular pada caption gambar atau membuat hashtag unik yang hanya di miliki oleh produk kakak maka akan membuat postingan tersebut lebih mudah untuk di cari.
Dengan mencantumkan hashtag yang tepat maka akan mempercepat proses penyebaran informasi mengenai produk kita

Instastory

Fitur dari Instagram yang baru ini juga menawarkan fitur – fitur tambahan dalam mengedit gambar maupun video seperti menaruh stiker ataupun teks tambahan dalam konten yang akan di upload baik gambar maupun video. Namun kelemahan dari fitur ini yaitu konten yang di upload akan hilang dalam kurun waktu 24 jam serta durasi video yang di upload maksimal hanya 10 detik saja.

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran di atas dan berdasarkan pengalaman kami maka apapun media sosial baik itu Facebook maupun Instagram keduanya dapat tergolong efektif sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing sehingga efektif atau tidaknya tergantung dari diri kalian masing – masing, sejauh mana dapat menutupi kekurangan yang ada dengan memanfaatkan kelebihan dan kemampuan kita masing – masing.

Pilihlah media sosial yang menurut kaka sesuai dengan apa yang ditawarkan, selain itu juga perhatikan media sosial apa yang paling banyak di gunakan oleh target pasar dari bisnis kaka

Kalau kami sih memang menggunakan facebook dan instagram, karena sama-sama efektif. 🙂

Oya, nggak lupa instagram dan facebook sama-sama punya fitur beriklan, yaitu ig ads dan fb ads.
Lagi-lagi ini juga kami gunakan semua.

Pembahasan ig ads, fb ads sedang disusun ulang, karena pada bulan Agustus terjadi badai banned di indonesia, yang menyebabkan pembayaran iklan pakai jenius, debit mandiri dan permata tidak bisa digunakan.

Stay tune dan tetep semangat ya kaka


Note:
Yang mau punya Hang-Tag oLshopnya yuk klik >> DAFTAR PRIORITAS SEKARANG
Pastikan untuk cek update hijabq di channel telegram, klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *