Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

33 Istilah di Instagram yang wajib diketahui

Bagi pengguna awam atau baru memulai menggunakan Instagram mungkin belum familiar dengan sosial media milik Facebook ini, baik cara menggunakan Instagram, Fitur – fiturnya maupun istilah – istilah dalam Instagram yang biasanya menggunakan bahasa Inggris.

Lalu, apakah kamu juga tahu tentang istilah-istilah yang ada di Instagram?

Jika belum, maka kamu perlu meluangkan sedikit waktumu untuk membaca beberapa istilah yang ada di Instagram.
Karena
 istilah-istilah ini penting banget diketahui bagi pebisnis online.

Simak yuk

[1] Activity Feed

Arti activity feed di instagram yaitu istilah berupa pemberitahuan terkait apa yang sedang dilakukan followers kita terhadap akun kita seperti ada yang like, comment,  mention atau sebagainya

[2] Audience

Audience adalah orang yang menjadi pembaca dan pemirsa pada sebuah konten yang di buat di Instagram. Istilah Audience ini sebenarnya umum pada beberapa sosial media.

[3] Awarness

Suatu bentuk kesadaran atau ketertarikan yang dimiliki oleh setiap individu atau audience terhadap postingan atau produk yang di jual di Instagram.

[4] Bio

Singkatan dari Biography, yang mengacu pada keterangan singkat mengenai diri kita sebagai seorang pengguna Instagram. Bio ini perlu dituliskan agar orang tahu dan paham siapa diri kita. Letak Bio ini terdapat persis di bawah nama kita/nama akun onlineshop kita. Selain tulisan, kita juga bisa menambahkan emoji di bagian Bio untuk memperindah penampilan profile kita. Selain itu dibagian situs web bisa ditambahkan LINK/URL untuk ke chat WhatsApp ataupun ke website kita.
Maksimalkan Bio mu ya

[5] Brand Awareness

Kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, termasuk nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan tertentu yang pernah digunakan oleh brand tersebut dalam mempromosikan produk-produk mereka. Kemampuan konsumen untuk mengenal dan mengingat brand berperan besar dalam keputusan seseorang untuk membeli barang.

[6] Buyer Persona

Buyer Persona adalah karakter dalam imajinasi kita ketika membayangkan siapa pembeli ideal dari produk yang kita jual.

[7] Caption

Caption pada Instagram merupakan deskripsi atau keterangan pada sebuah postingan yang kita kirimkan baik berupa gambar atau video. Tidak ada ketentuan tertentu dalam menulis caption, semua terserah kita sebagai pengguna. Usahakan buat semenarik dan seinformatif mungkin, agar mudah dipahami

[8] Comment

Artinya komentar, komentar ini  kita bisa memberikan komentar antar sesama pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain. Kita juga bisa menyertakan akun Instagram lain di dalam komentar yang disebut dengan mention. Cukup dengan mengetikkan @ kemudian beberapa huruf awalan dari akun yang akan kita mention, maka instagram akan memberikan sugesti akun-akun mana yang akan di mention.

[9] CTA

Arti  CTA adalah Call To Action, maksdnya adalah sebuah instruksi yang didesain agar pengunjung atau audience di Instagram kita melakukan aktivitas atau memberikan respon langsung sehingga menghasilkan konversi/penjualan. Istilah ini biasa digunakan pada pebisnis online.
Di Instagram bisa digunakan pada profil bisnis dan pada fitur stories “Swipe Up”
Atau bisa juga disebuah caption ditulis cek Bio ya kak, nah itu mengintruksikan agar pengunjung mengecek Bio, karen di Bio biasanya ada kontak yang bisa dihubungi. 

Kadang bisa juga, untuk tanya harga DM aja ya kak, apa itu DM, simak di bawah ini.

[10] DM

Arti DM dalam Instagram adalah Direct Message. DM ibarat aplikasi chatting, kita bisa mengeirim pesan langsung ke sesama pengguna Instagram.

[11] Follback

Follback daam bahasa insonesia adalah mengikuti balik. Biasanya pengguna Instagram yang baru saja Follows akun Instagram kita berharap kita juga follows atau mengikuti dia balik.

[12] Following

Following adalah orang yang kita ikuti di instagram, atau kebalikan dari Followers. Bila kamu follows suatu akun, maka kamu akan jadi followers akun tersebu

[13] Follower

Follower kebalikan dari following yaitu pengikut dari akun kita. Tiap-tiap pengikut pasti akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan terkait tentang postingan terbaru dari akun yang kita ikuti atau yang kita follow. Contohnya akun seorang motivator yang berisikan postingan tentang motivas-motivasi penyemangat, ketika kamu follow akun ini maka akan muncul postingan-postingannya di instagram mu juga, sebagai pertanda bahwa kamu sudah follow dia.

[14] Give Away

Giveaway adalah sebuah kontes yang dilakukan dengan cara memberikan hadiah gratis kepada siapa saja sesuai dengan produk yang telah dijanjikan. Akan tetapi, peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menerima hadiah gratis tersebut. Pada umumnya, peserta diharuskan memberikan ulasan atau mengajak pengguna lain untuk mencoba produk tersebut. Selain meningkatkan engagements di Instagram, kontes ini juga dapat meningkatkan nilai penjualan produk bisnismu

[15] Geotag

Geotag merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh Instagram yang berguna untuk menandai sebuah tempat pada postingan. Geotag adalah lokasi yang ada di dalam postingan yang sudah kita kirim. Fungsi dari geotag ini yaitu adalah memberikan informasi lokasi dimana kami mengirimkan postingan tersebut baik secara real time maupun tidak. Fitur ini juga mempermudah kamu dalam mencari foto-foto yang sudah pernah di unggah.

[16] Ghost Followers

Arti dari ghost followers sering juga disebut dengan nama ghostie, ghostie ini berarti pengikut yang tidak pernah sama sekali memberikan like apalagi komentar ke postingan kamu. Biasanya pengikut semacam ini dibilang silent reader atau pengamat.

[17] Hashtag

Arti kata hastag di Instagram adalah tagar, yaitu kata atau frase tanpa spasi yang di awali dengan simbol hash (#). Hastag fungsinya untuk mengelompokan sebuah konten atau postingan yang telah di upload agar mudah di cari. Hal ini sangat berguna jika kita ingin mencari sesuatu di Instagram. Contoh penggunaan menggunakan hastag #kuliner #wisata #tiketmurah #hijab

[18] Like

Mirip  sosial media yang lainnya seperti Facebook, instagram juga terdapat fitur like atau suka yang berfungsi untuk memberikan apresiasi atau ekspresi terhadap post yang disukai tersebut. Cukup dengan mengetuk 2 kali gambar postingan yang kamu sukai maka postingan tersebut akan tertanda sebagai postingan yang kamu suka.

[19] Latest Post

Late post artinya memposting kembali hasil postingan yang sudah lama atau memposting sesuatu yang waktu kejadian nya sudah lama tetapi baru saja di posting.

[20] Mention

Mention pada Instagram sama artinya dengan tag yaitu menyebut atau menandai seseorang. Caranya cukup ketik huruf @ kemudian ketikkan akun yang akan kita mention

[21] News Feed

News Feed adalah postingan terbaru dari orang – orang yang kita ikuti. News Feed dapat dilihat diberanda aplikasi Instagram, dilambangkan dengan ikon rumah.

[22] Paid promote

Arti paid promote adalah membayar seseorang yang biasanya memiliki followers banyak di instagram untuk mempromosikan barang yang dijual suatu toko yang menjual sesuatu, biasanya mereka yang dibayar akan menjanjikan seberapa banyak followers yang akan mem-follow si akun toko penjual yang membayarnya dan biasanya si artis paid promote (akun/orang yang dibayar) akan mempromosikan secara bertahap sampai mendapatkan janji followers yang telah ditentukan dari kesepakatan yang mereka buat (kesepakatan antara 2 belah pihak) .

[23] Private

Istilah ini menjelaskan bahwa sebuah akun dilindungi dengan privasi, atau tidak terbuka untuk umum, sehingga setiap postingan yang diposting oleh akun private tidak akan bisa dilihat oleh orang banyak kecuali para followersnya sendiri. Jika ingin melihat postingan dari si akun private pertama kamu harus follow terlebih dahulu.
Hanya saja fitur Private tidak bisa digunakan ketika akun sudah disetting sebagai akun bisnis

[24] Post

Post atau postingan merupakan istilah yang mengarah kepada foto atau video yang diposting oleh seseorang di Instagram. Dalam bahasa indonesia post berarti sebuah kiriman baik itu sebuah kiriman pesan, gambar, maupun video.

[25] Promote

Promot mirip dengan endorse atau pun paid promote. Kalau endorse dan paid promote kita menghubungi akun artis atau akun yang memiliki followers nya banyak untuk mempromosikan produk atau jasa. sedangkan promot, kita menyuruh teman atau pengguna instagram buat mempromosikan akunnya agar banyak yang follow, bisa gratis ataupun bayar, tergantung dari kesepakatan. Jadi itulah perbedaan Endorse, Paid Promote dan Promot.

[26] Repost

Arti repost di instagram adalah mengupload atau memposting ulang foto atau video orang di akun Instagram kita. Jika merepost postingan orang lain sebaiknya mencantumkan sumber atau me-mention akun tersebut

[27] Regram

Sama hal nya dengan Repost yaitu menupload ulang foto atau video orang lain di Instagram kita.

[28] Selebgram

Selegram bisa dibilang selebritis instagram atau artis instagram adalah sebuah sebutan yang diberikan kepada seseorang pengguna Instagram yang memiliki banyak Followers atau penggemar, dikarenakan foto dan video yang di upload oleh orang tersebut menarik dan banyak disukai oleh para pengguna Instagram lainnya.

Sebagian dari selegram terkadang mendapatkan keuntungan juga disebabkan dari jumlah followersnya yang banyak, dan banyaknya iklan-iklan dari orang lain supaya di promosikan olehnya.

[29] Swipe Up

Swipe artinya geser ke atas. Istilah ini terdapat pada postingan di Instagram Stories. Swipe Up ini merupakan sebuah fitur instagram dengan mengubah dulu ke profil bisnis dan memiliki followers 10K ke atas. Bila kita geser ke atas atau klik di bagian lihat selengkapnya maka akan terbuka sebuah halaman web yang orang tersebut taruh.
Tetapi fitur swipe up juga bisa digunakan ketika kita menggunakan fitur Instagram Ads

[30] Snapgram

Snapgram merupakan gabungan kata dari kata Snapchat di Instagram Stories. Dikarenakan fitur pada Instagram ini meniru aplikasi Snapchat yang lebih dulu membuat fitur seperti Stories, maka banyak orang menyebutnya Snapgram.

[31] Tag

Tag artinya sama dengan mention yaitu menandai seseorang pada sebuah postingan, di awali dengan “@” dilanjutkan dengan username contohnya: @hijabq.id

[32] Unfollow

Unfollow adalah kebalikan dari Follow. Follow yang berarti mengikuti, sedang Unfollow mempunyai arti berhenti mengikuti.

[33]  Instagram Ads

Sebuah fitur iklan berbayar dari Instagram, yang bermanfaat untuk menyebarkan konten kita ke orang-orang/audience yang kita inginkan. (Walaupun follower kita masih NOL)

Suatu saat kami akan bahas instagram Ads secara khusus. InsyaAllah. Mohon ditunggu dan bersabar ya.

Semoga bermanfaat

 


Note:
Yang mau punya Hang-Tag oLshopnya yuk klik >> DAFTAR PRIORITAS SEKARANG
Pastikan untuk cek update hijabq di channel telegram, klik di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *