Selama ini kebanyakan OLshop mengetahui endorse itu yaa ke selebgram alias seleb Instagram, atau melakukan paid promote di Instagram.
Tapi kayanya masih sedikit yang melakukan endorse ke youtuber dengan alasan “mahal.”
Di pikiran mereka youtubers adalah orang-orang yang punya subscriber besar seperti Baim Wong, Arief Muhammad, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Ria Ricis, dan nama besar lainnya.
Padahal di youtube masih banyak juga youtubers yang jumlah subscribernya tidak terlalu besar dan mereka inilah orang-orang yang pas untuk kamu endorse produkmu.
Karena subscribernya belum banyak, sehingga tarif endorsepun biasanya masih relatif murah. Bahkan diangka ratusan ribupun banyak yang masih mau terima.
Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum endorse micro youtubers tersebut, diantaranya adalah:
– Konsisten, lihatlah youtubers yang konsisten upload videonya
– Lihat rata-rata viewersnya, setelah lihat konsistensinya, kamu harus cek rata-rata viewersnya. Minimal 1.000 views aja per video sudah lumayan.
– Cari yang harganya masih masuk akal, kamu bisa kontak Instagramnya atau CP yang tertera dan nego harga disana.
– Lihat market mereka, Kamu wajib cek apakah subscriber mereka sama dengan market untuk produkmu.
Kenapa saya nyaranin endorse youtuber juga?
Karena sekali endorse mereka, videonya ga akan dihapus, jadi usianya lebih panjang berada di youtube.
Kawan saya ada yang banjir orderannya pake cara ini, tapi tentunya tiap produk bisa berbeda-beda hasilnya. Yang penting coba aja dulu