Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Kuliah sambil bisnis? Ini tipsnya!

Siapa takut menghadapi tantangan? Bagi kamu yang masih terpengaruh terhadap stigma-stigma negatif tentang belajar sambil berbisnis, sudah bukan zamanya lagi untuk takut. Saat ini menjadi pelajar dan pebisnis sekaligus adalah hal yang wajar. Apalagi melihat trend yang sedang berkembang sekarang, menggeluti bisnis mahasiswa dianggap sebagai kegiatan semi primer yang harus dilakukan. Berbisnis di tengah-tengah kehidupan akademik tidak masalah bukan?

Mahasiswa dikenal sebagai manusia yang super sibuk dengan jadwal kuliah yang padat, les privat, kegiatan kampus, dan lain sebagainya. menjadi mahasiswa yang tekun bukan berarti ia harus melulu menutup mata akan dunia luar kampus. Akan tetapi justru saat sedang menjadi mahasiswa adalah kesempatan bagi terbaik untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Baik dari dalam maupun luar kampus. Salah satunya dengan mencoba usaha sampingan untuk anak kuliahan ini

Sebagai seorang mahasiswa, waktu akan sangat berharga. Kehidupan pun akan terasa sangat padat dengan beragam kegiatan reguler maupun ekstra kulikuler. Akan tetapi, jika termasuk mahasiswa tingkat akhir, waktu akan terasa lebih santai dibanding dengan tahun-tahun awal. Karena mahasiswa tingkat akhir akan diberikan waktu khusus untuk mengerjakan skipsinya. Jadi waktu kamu bisa menjadi sangat fleksibel. Tergantung bagaimana memanfaatkannya.

Kebanyakan dari mahasiswa tingkat akhir, selain untuk skripsi waktu mereka akan lebih banyak digunakan untuk menggali hal-hal baru yang bermanfaat. Salah satunya untuk mencoba bisnis ringan ala mahasiswa yang menguntungkan. Selain untuk menambah pengalaman, menggeluti bisnis di tengah-tengah kesibukan akademis menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang mencintai kedisiplinan.

Langkah awal bisa mencoba peluang usaha anak kuliahan yang masih berhubungan bahkan menunjang proses belajar Anda. Seperti les privat bagi yang mengambil kuliah jurusan pendidikan. Atau memulai bisnis bengkel motor kecil-kecilan dan barang-barang elektronik bagi yang kuliah jurusan teknik. Dan, bisnis-bisnis lain yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan kegiatan utama sebagai seorang pelajar.

Tahukah kalian? jika memulai berbisnis saat masih menjadi mahasiswa akan megurangi resiko kalian menjadi pengangguran setelah kalian keluar dari bangku kuliah. Karena dengan membuka bisnis kecil-kecilan saat masih menjadi mahasiswa berarti kalian telah belajar menciptakan lapangan pekerjaan. Minimalnya bagi diri kalian sendiri. Syukur-syukur bisa membuka bisnis ringan tapi membutuhkan kerja sama banyak orang. Tentu akan menambah efektifitas kalian sebagai mahasiswa yang harus bermanfaat bagi lingkungan.

Menjadi mahasiswa bermanfaat dengan berbisnis

Menjadi pelajar yang sukses tidak cukup hanya dengan strategi belajar yang baik, tapi juga bagaimana bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
Hal ini bisa dilakukan dengan mencoba beberapa
peluang bisnis yang cocok untuk anak kuliahan berikut ini.

  1. Menjadi guru privat.
    Bisnis yang satu ini tentu tidak akan mengurangi banyak waktu kalian sebagai seorang pelajar bukan? Karena menjadi guru privat juga merupakan salah satu cara untuk belajar menyampaikan apa yang kita pahami kepada orang lain. Sehingga tidak perlu takut waktu terbuang. Karena berbisnis pun juga bisa sambil belajar. Apalagi bagi kamu yang mengambil jurusan pendidikan, menjadi guru privat akan menjadi alternatif yang sangat menunjang proses belajar mengajar. Begitu juga dengan menjadi tutor atau pembicara di acara seminar. Waktu yang ada akan menjadi sangat efektif dan positif. Selain bisa mendapatkan penghasilan, bisa sambil belajar bagaimana mengaplikasikan apa yang telah dipelajari. 
  2. Bisnis barang bekas. Bisnis ini bisa menjadi usaha buat anak kuliahan yang cocok bagi yang suka menggeluti dunia teknik dan otomotif. Kamu bisa melakukannya dengan mengumpulkan barang-barang elektronik bekas. Kemudian membongkar pasang barang tersebut dengan mengganti suku cadang, atau hanya sekedar memperbaikinya. Selanjutnya bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Bisnis ini bisa jadi sangat menarik bagi kalian yang mengambil kuliah jurusan teknik. Selain untuk mendapatkan tambahan penghasilan, kalian juga bisa sambil belajar. 
  3. Bisnis makanan.
    Bagi kalian yang sedang belajar tata boga, atau manajemen keuangan, melakukan usaha yang satu ini bisa jadi alternatif yang sangat menguntungkan. Dalam satu sisi, kalian akan memahami salah satu bentuk manajemen perdagangan, di sisi yang lain kalian juga bisa menuangkan ide kreatif kalian ke dalam cita rasa makanan yang bermacam-macam. Apalagi, saat ini
    bisnis makanan sudah mulai memiliki pasarnya sendiri di tengah-tengah masyarakat luas.
    Ditambah adanya ojek online yang bisa mendeliverykan makanan yang kalian buat 
  4. Bisnis online.
    Bisnis yang satu ini merupakan usaha yang cocok untuk anak kuliahan sekaligus menjanjikan. Selain modal yang dibutuhkan tidak perlu banyak, melakukannya pun juga sangat gampang.

    Hanya perlu memiliki media sosial untuk menjual dan membeli barang secara online. Bisnis online ini memiliki istilah yang bermacam-macam. Anda bisa menjadi reseller yang artinya hanya perlu membeli barang dagangan dari pemasok utama dengan jumlah tertentu. Dan pemasok pun akan memberikan harga di bawah standar untuk kemudian bisa jual kembali dengan harga khusus. Atau bisa menjadi dropshipper yang berarti kamu akan menjadi agen dari pemasok utama yang akan menjual barang-barang dagangan tanpa harus membelinya terlebih dahulu. kamu hanya perlu mencari pembeli sebanyak-banyaknya. Contohnya ya di hijabq.id 
  5. Membuka jasa penerjemah. Bisnis yang satu ini menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin melakukan bisnis saat masih mahasiswa. Menjadi penerjemah selain akan memberikan pengalaman di bidang industri percetakan, sekaligus bisa mendapatkan kesempatan untuk memperdalam ilmu bahasa asing yang kamu miliki.

Dan masih banyak bisnis-bisnis lainnya yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa. Mencoba usaha untuk anak kuliahan yang menguntungkan tidak sulit jika dilakukan dengan ketekunan. yuk jangan takut hadapi tantangan!

Manfaat melakukan bisnis saat masih berstatus mahasiswa

Bagi mahasiswa yang masih ragu untuk mencoba berbisnis sambil kuliah, berikut kami berikan beberapa manfaat yang akan didapatakan jika mencobanya.

  1. Menambah pengalaman.
    Memulai berbisnis di masa-masa kuliah memang tidak mudah. Selain hawatir akan menyebabkan terbengkalainya tugas belajar kita, melakukan bisnis di masa kuliah juga sangat membutuhkan konsistensi tinggi.
    Akan tetapi membuka usaha untuk anak kuliah bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Sebagai mahasiswa, memulai bisnis di masa kuliah bisa sangat menambah pengalaman. Selain penting, menambah pengalaman di bidang bisnis juga mengajari kita memanage sesuatu, mengatur dan memanfaatkannya. Sehingga, saat nanti hidup bermasyarakat, kita tidak akan kaget, karena kita sudah banyak belajar tentang mengatur sesuatu hal. 
  2. Meringankan beban orang tua. Menjalankan bisnis di masa-masa kuliah juga akan meringankan beban orang tua kalian. Apalagi bagi kalian yang secara pribadi sudah biasa hidup mandiri, tentu saja hal ini akan menjadi jalan keluar yang bisa kalian lakukan. Selain prestasi, kalian juga bisa memberikan kesuksesan kepada orang tua di bidang lain. 
  3. Membentuk pribadi yang lebih disiplin. Mencoba usaha sampingan saat masih menempuh perkuliahan mau tidak mau akan membantu kamu menjadi pribadi yang disiplin. Karena saat melakukan bisnis plus kuliah, waktu akan terasa sangat sempit sehigga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan begitu tidak akan sempat berbain-main dengan hal-hal yang tidak berguna. Karena untuk menstabilkan bisnis dan belajar membutuhkan kerja dan keseriusan yang lebih. 
  4. Memberikan pendidikan karakter bagi mahasiswa. Dengan belajar berbisnis di tengah-tengan masa kuliah, kamu akan memahami arti kerja keras, secara tidak langsung akan belajar hidup sekreatif mungkin untuk meningkatkan efektifitas kehidupan sebagai mahasiswa sekaligus pebisnis. 
  5. Menambah relasi kerja dan teman. Menggeluti bisnis sampingan saat masih kuliah kuliahan selain untuk menambah pengalaman, juga akan membantu kamu menemukan relasi dalam dunia bisnis. Sehingga, saat benar-benar telah selesai dari bangku kuliah, kamu tidak akan mengalami kesusahan beradaptasi dengan orang-orang baru dan lingkungan yang baru.
    Selain itu, Anda juga tidak perlu susah payah untuk menentukan langkah kedepannya, karena relasi ini bisa jadi akan menjadi batu lonjakan Anda dalam mengembangkan bisnis yang telah Anda geluti ataupun jika tetap mencari kerja.

Lalu, bagaimana cara untuk belajar dengan berbisnis?

Bagi kalian yang masih ragu-ragu untuk memulai hidup survive dengan mencoba bisnis untuk anak kuliahan, berikut kami sertakan kiat-kiat sukses berbisnis sambil terus belajar yang bisa kamu lakukan.

  1. Mulailah bersikap optimis. Karena dengan optimisme tinggi akan memiliki pikiran yang positif. Sehingga apapun yang dilakukan bisa dijalani dengan sepenuh hati. Begitu juga dengan belajar sambil berbisnis, percayakan pada kemampuan kamu. Sekali-kali kita tidak perlu mendengarkan pandangan orang yang akhirnya hanya kan menggiring kita pada keterpurukan dan justeru kita tidak akan pernah mendapatkan pengalaman baru. 
  2. Belajar mengatur waktu. Menjadi mahasiswa, kamu tentu sudah sangat disibukkan dengan banyak kegiatan kampus dan luar kampus. Apalagi jika sudah mulai merintis bisnis saat masih mahasiswa, tentu saja harus lebih ekstra mengatur schedule agar kegiatan tetap berjalan dengan lancar, baik belajar maupun berbisnis. 
  3. Mengikuti seminar-seminar edukatif tentang bisnis dan kiat-kiat belajar sukses sambil berbisnis sekaligus bergabung dengan komunitas-komunitas yang sejalan. Hal ini bertujuan agar terbantu dengan ide-ide baru yang bisa Anda dapatkan dari seminar ataupun dari rekan komunitas tersebut.

Semoga yang masih kuliah dan sempat berpikir untuk menjalankan bisnis, bisa tercerahkan.

Semangat yaa…


Note:
Yang mau punya Hang-Tag oLshopnya yuk klik >> DAFTAR PRIORITAS SEKARANG
Pastikan untuk cek update hijabq di channel telegram, klik di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *