Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Lubang Jiwa

 

Di kedalaman setiap diri kita, kemungkinan besar ada yang namanya Lubang Jiwa.

 

Apa itu lubang jiwa? 

 

Dalam versi mind-programming, lubang jiwa adalah sebuah program yang membuat seseorang terlalu mengidam dengan sesuatu, sehingga menimbulkan perilaku yang berlebih lebihan. Dan kemungkinan besar penyebabnya adalah pengalaman masa lalu.

 

Misalnya, ada teman saya yang punya lubang jiwa terhadap makanan.

 

Jadi, tiap ia makan di rumah makan, ia akan selalu secara otomatis mencari menu terenak, tanpa melihat harga.

 

Pokoknya asal enak, pilih semua, borong.

 

Dan kebiasaan tersebut tentu saja tidak baik untuk kantong, karena bikin sering jebol.

 

Sempat suatu hari ngobrol dengan beliau, saya melakukan wawancara, ternyata benar, dulu pas jaman kuliah ia sering kurang makan. Ia sering menahan lapar karena uang sakunya sangat mepet untuk bertahan hidup.

 

Akibatnya, pengalaman tersebut bikin ia memiliki lubang jiwa terhadap makanan yang harus selalu diisi. Ketika sudah berpenghasilan cukup, tiap ketemu makanan enak, selalu kalap.

 

Teman saya yang lain pun pernah berujar, beliau memiliki lubang jiwa terhadap game dan gadget.

 

Penyebabnya, dulu ketika kecil kalau minta mainan sama orang tuanya tidak pernah dibelikan, karena penghasilan orang tuanya pas-pasan.

 

Sebelum beliau menyadari lubang jiwanya, ia sangat kalap kalau lihat gadget baru dan console game. Tiap ada keluaran gadget terbaru, beliau sering kali selalu membelinya tanpa pikir panjang. Selain itu, kalau sudah main game, jadi lupa waktu.

 

Nah, setiap orang kemungkinan besar memiliki lubang jiwanya masing masing, yang jika belum disadari akan menjadi perilaku yang tidak memberdayakan dan memberikan dampak buruk pada diri dan kehidupannya. 

 

Sama seperti para orang sekarang yang hobinya dikit-dikit suka upload di medsos, kemungkinan mereka memiliki lubang jiwa terhadap pengakuan, karena dari kecil egonya tidak pernah mendapatkannya.

 

Namun, bukan berarti lubang jiwa tidak bermanfaat untuk kehidupan kita.

 

Dalam beberapa hal, lubang jiwa dapat dimanfaatkan untuk menciptakan perilaku dan kebiasaan baru yang postif, serta sebagai alat meningkatkan produktivitas.

 

Selamat menemukan lubang jiwa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *