Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Manfaat Menulis yang Jarang Diketahui

 

Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau menulis, tidak hanya diambil manfaatnya setelah karya tersebut selesai.

 

Menulis, pada prosesnya juga memberikan manfaat yang besar bagi penulisnya secara psikologis hingga fisiologis.

 

 

 

Menurut jurnal Advance in Psychiatric Treatment tahun 2005.

 

Menulis tulisan ekspresif dalam jangka panjang bisa dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan kesejahteraan, penurunan tingkat stres dan gejala depresi, serta meningkatkan manfaat fisik seperti penurunan tekanan darah, dan juga peningkatan fungsi paru-paru dan hati.

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menulis tulisan ekspresif dapat membantu orang dengan gangguan stres pascatrauma.

 

 

 

Tidak hanya itu,

 

Menurut sebuah studi oleh peneliti di Selandia Baru, menulis pikiran dan perasaan Anda setelah peristiwa traumatis bisa membuat luka fisik lebih cepat sembuh.

 

Dalam studi ini, peserta yang pernah mengalami pengambilan biopsi kulit ditugaskan untuk menulis sebuah catatan mengenai pikiran terdalam tentang apapun selain perasaan atau keyakinan mereka.

 

Kemudian, setelah dua minggu, para peneliti mengamati kemajuan bekas luka yang ada di tubuh mereka.

 

Dan hasilnya adalah, mereka yang menulis tulisan ekspresif mengalami pemulihan lebih cepat daripada mereka yang dilarang menulis tentang perasaan mereka.

 

 

 

Sebuah studi tahun 2008 dalam jurnal The Oncologist juga menunjukkan bahwa tulisan ekspresif dapat membantu pasien kanker, caranya adalah dengan mengubah cara pikir, yang menyebabkan peningkatan kualitas hidup mereka.

 

Selain itu, ternyata pada temuan awal studi, sebuah latihan menulis selama 20 menit sudah dapat menyebabkan perubahan cara berpikir beberapa pasien mengenai penyakit mereka.

 

 

 

Tentu saja, tidak semua teknik menulis itu sama.

 

Hanya saja, fakta ini menunjukkan bahwa. tidak ada ruginya, untuk Anda, mulai mencoba menulis atau bahkan membuat sebuah karya berupa buku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *