Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

PEMILIHAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS ONLINE-MU

 

 

Kamu perlu memilih media sosial yang tepat apabila ingin membuka toko online di media sosial. Karena kamu harus percaya bahwa pemilihan media sosial bisa menentukan kesuksesan bisnis online yang kamu jalani.

Pengguna media sosial yang berlimpah ruah justru menjadi tantangan tersendiri. Besarnya pasar yang dimiliki media sosial memang peluang. Namun, kesalahan pemilihan media sosial justru akan membuat bisnismu tidak berjalan dengan baik.

 

  • Target audiens

 

Sudah tahu siapa sasaran audiens untuk bisnis online-mu? Kalau belum, lebih baik kamu rumuskan terlebih dahulu. Mulai list dan tentukan siapa-siapa saja yang akan kamu sasar, bahkan harus mendetail dari mulai gender, usia, demografi tempat tinggal, hingga ketertarikan. Target Audiens akan mempengaruhi pemilihan media sosialmu.

Penentuan target ini akan mempermudah pengambilan keputusan yang kamu lakukan. Misalnya, kamu menargetkan remaja berusia 17-25 tahun, tinggal di Jabodetabek, dan ketertarikan pada bidang fashion. Maka ada baiknya media sosial yang kamu gunakan  adalah Instagram, karena di sanalah tempat berkumpulnya anak-anak muda pecinta fashion.

Berbeda kasusnya apabila kamu menargetkan kalangan profesional, maka kamu tidak bisa menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat jualan online. Kamu harus menggunakan LinkedIn agar proses jualan online kamu lebih efektif.

 

  • Konsep marketing

 

Konsep marketing atau pemasaran pun perlu kamu perhatikan sebelum memilih media sosial. Cara apa yang akan kamu lakukan untuk memarketingkan produkmu? Misalnya, kamu ingin menggunakan konsep review mendalam dengan media blog, maka kamu bisa menggunakan Facebook karena di sana orang-orang biasa melakukan sharing tautan untuk blog.

Ketika kamu ingin menggunakan konsep marketing yang mengandalkan update real time, maka kamu bisa menggunakan Twitter sebagai mediumnya. Biasanya hal ini digunakan oleh portal berita.

Atau apabila konsep marketingnya ingin berfokus pada penonjolan foto produk maka kamu bisa menggunakan Instagram. Kamu bisa lihat, kan? Perbedaan konsep saja bisa mempengaruhi media sosial yang kamu gunakan.

 

Itulah dua hal yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih media sosial mana yang akan dijadikan tempat jualan. Jangan sembarangan pilih media sosial, ya! Kesalahan dalam memilih sangat menentukan perkembangan bisnismu ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *