Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Apa pengertian branding yang sebenarnya?

 

Dari yang saya pelajari kata branding berasal dari kata brand, dalam bahasa Indonesia mudahnya sering disebut dengan merek.

 

Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda. 

Branding adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah bisnis dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Namun kalau ngomongin brand tentu ilmu saya masihlah seujung kuku, sebaiknya kita pelajari branding dengan orang yang sudah expert/ ahli dibidangnya.

Lalu, apa itu branding berdasarkan pengertian para ahli? 

  1. Subiakto Priosoedarsono

Untuk Anda yang belum tahu Pak Subiakto atau yang sering disapa Pak Bi, beliau adalah pakar branding di Indonesia.

Beliau adalah sosok dibalik suksesnya branding perusahaan-perusahaan besar di indoneisa.

Saran saya jika Anda ingin pelajari seluk beluk mengenai brand dan branding bisa mengikuti setiap workshop beliau.

Menurut Pak Bi, 

“Brand bukanlah tentang yang Anda katakan mengenai bisnis Anda, melainkan apa yang orang lain katakan tentang bisnis Anda”.

Menurut Pak Bi juga Brand merupakan sebuah value/ nilai, sedangkan Branding adalah proses untuk mengaktivasi value/ nilai tersebut dibenak konsumen Anda.

  1. Philip Kotler 

Sedangkan menurut Philip Kotler, pengertian branding dipermudah lagi seperti pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.

  1. Robin Landa

Ada lagi menurut Robin Landa, pengertian branding adalah bukan sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan. 

Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dari sebuah merek; mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen bisnis tersebut.

Sedangkan kalau Anda browsing menurut Wikipedia, lain lagi:

Pengertian branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Intinya proses Branding adalah sebuah proses yang tidak bisa dilakukan dengan sebentar.

Perlu kegiatan yang konsisten agar nama atau bisnis Anda tertanam di benak para konsumen.

Karenanya Anda bisa mulai dengan konsisten mengkomunikasikan keberadaan bisnis Anda di setiap penawaran yang Anda berikan kepada konsumen.

Misal dengan adanya logo, hang-tag atau label lain dan usahakan sama di setiap momen. Baik ketika di facebook, instagram, website, story, atau bahkan jika berjualan offline sekalipun.

Untuk yang belum punya Hang-Tag daftar aja di Prioritas
Klik di sini

Masih kurang? Mau bikin label jahit juga?
Gabung aja di PREMIUM Member dengan klik di bawah ini
>> Daftar Premium Member Sekarang <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *