Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Pentingnya Menulis Deskripsi Produk

 

 

Menulis deskripsi produk adalah salah satu hal penting yang bisa mendorong penjualan bisnis online-mu. Salah satu peran dari deskripsi produk adalah di mana ia bisa melengkapi kekuatan visual. Kamu tidak akan bisa menjual barang secara maksimal apabila hanya mengandalkan visual saja. Namun, harus dilengkapi dengan deskripsi produk yang mendukung.

Apalagi saat ini sudah ada teknik yang namanya Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa membantu website atau toko online-mu menjadi top search di Google, salah satu cara untuk merealisasikannya adalah dengan deskripsi produk.

Hadirnya deskripsi produk, konsumen akan jauh lebih mengenal produk yang kamu jual. Mereka akan lebih mengenal secara detail tentang produkmu, mulai dari spesifikasi hingga manfaat yang akan dirasakan.

 

Setelah tahu seberapa penting deskripsi produk, lalu bagaimanakah cara membuat deskripsi produk yang baik?

 

  • Kelebihan produk

 

Pertama yang harus kamu lakukan dalam  menciptakan deskripsi produk yang baik adalah pengenalan keunggulan atau kelebihan produk. Kamu harus bisa menonjolkan kelebihan atau keuntungan yang akan didapat konsumen ketika membeli produkmu.

Saat ini, konsumen tidak benar-benar membeli produk! Mereka membeli manfaat dari sebuah produk yang dibeli. Jangan hanya berfokus pada spesifikasi produk saja, tapi mulailah menitik beratkan pada manfaat dalam deskripsi produk.

Misalnya, kamu menjual baju terbuat dari bahan katun. Nah, jangan hanya menuliskan, “Baju terbuat dari bahan katun, tersedia dalam berbagai warna dan ukuran”. Tapi kamu harus fokus pada kelebihan baju berbahan katun.

Contohnya adalah dengan menuliskan di deskripsi produk seperti ini, “Dengan membeli produk kami, kamu pasti akan jauh lebih leluasa dalam bergerak. Bahan katun yang digunakan oleh kami adalah katun terbaik yang bisa dengan mudah menyerap keringat.”

 

  • Cara pakai

 

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam menciptakan deskripsi produk bagus adalah dengan menyisipkan cara penggunaan produk. Semakin mudah produk digunakan, maka konsumen akan semakin tertarik.

Mislanya kamu menjual sebuah blander portable, maka kamu bisa menuliskan dalam deskripsi produk seperti, “Penggunaannya pun mudah, Kamu hanya perlu menaruh sedikit air dan buah-buahan ke dalam tabung, lalu memencet tombol power. Jadilah juice buah kesayanganmu!”.

Jangan sampai konsumen justru bingung dengan cara kerja atau cara pakai produk yang kamu jual. Ini penting ada dalam deskripsi produk karena akan menggambarkan lebih detail terkait produkmu.

 

  • Call To Action

 

Ajak konsumen untuk melakukan sesuatu hal! Atau apabila konteksnya adalah jualan, maka ajak konsumen untuk membeli produkmu sesegera mungkin! Misalnya, “Beli produk ini sekarang agar kamu bisa lebih cepat menikmati kemudahan dalam membuat juice!” atau “Beli sekarang dan katakana ‘bye bye’ pada baju yang buat pergerakan kamu terbatas!”.

Dengan adanya call to action maka konsumen tidak akan bingung harus melakukan apa setelah melihat produkmu. Jadi, jangan lupa sisipkan juga call to action, ya!

 

Sudah tahu kan beberapa tips untuk menulis deskripsi produk melalui paparan di atas? Yuk mulai perbaiki penulisa deskripsi produk agar bisnis online-mu semakin laku di pasaran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *