Banyak orang yang nanya:
“soft selling itu apa sih?”
Sebenernya soft selling itu adalah suatu cara berjualan tanpa perlu “menjual”
Bingung ga bacanya?
Tenang kalo bingung saya akan bahas sekilas disini agar kamu bisa paham dan menerapkannya di sosial media kamu.
Jadi jika kamu mau menggunakan teknik “soft selling” kamu harus tau dulu value apa yang bisa didapatkan oleh calon pembeli jika membeli produk di kamu, kemudian sampaikan hal tersebut dengan cara sharing atau bercerita.
Karena pada dasarnya manusia itu emang ga suka dijuali, tapi mereka seneng didongengin atau dikasih sharing sesuatu yang bermanfaat.
Jadi dalam teknik soft selling kamu ga boleh terang-terangan langsung jualan:
“Beli produk gue bagus lho!”
“Produk gue terbaik lho se-Banten”
Dll…
Buatlah audience kamu “penasaran” sehingga memancing dia untuk bertanya, kalau dia udah bertanya itu tandanya mulai tertarik dan 85% siap untuk membeli produk kamu.
Contoh simple soft selling:
Buat status
- “alhamdulillah orderan hari ini membludak, semoga customer bahagia” (sambil upload foto packingan produk)
- “Aku bahagia kalo customer bahagia mah…” (sambil upload foto-foto testimoni yang joss)
Dari 2 contoh simple itu udah bisa memicu audience penasaran dan bertanya produkmu.
Ajaib kan? Kamu ga buat status jualan, tapi malah memancing orang penasaran dan membeli produkmu.
Tentunya itu cara simple, kalo mau lebih ekspert biasakan sharing dulu di berbagai sosial media. Semakin lama nanti skill soft selling kamu akan terasah.
Selamat mencoba.