Harga spesial, ada di telegram! Klik >>Daftar Sekarang< <

Tips Hadapi Perang Harga

 

 

Beberapa pebisnis online rela membanting harga dengan cara memangkas besar margin keuntungan jualan. Harapannya adalah agar ada banyak konsumen yang membeli produknya. Namun, apakah cara itu benar-benar efektif?

Sayang rasanya apabila seorang pebisnis online rela memangkas margin keuntungan hingga menjadi sangat sedikit. Pasalnya, walaupun bisa menjaring banyak konsumen, itu hanya akan jadi momen sesaat apabila tidak disandingkan dengan kualitas produk yang mumpuni. Sudah dapat untung tipis, konsumen pun tidak kembali lagi. Bunuh diri secara perlahan, kan?

 

Masih ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar dapat bersaing di pertempuran harga. Apa sajakah itu?

 

  • Bonus

 

Pemberian bonus adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk terus bersaing di tengah ketatnya persaingan harga. Selain barang murah, konsumen juga akan tertarik pada barang gratis atau bonus.

Kamu tidak perlu memotong margin keuntungan terlalu besar. Potong sedikit dan ubahlah margin keuntungan yang dipotong menjadi sebuah barang. Misalnya, ketika kamu menjual sepatu, maka kamu bisa memotong sedikit margin keuntungan untuk membeli tali sepatu.

Setelah itu jualah sepatu yang dilengkapi dengan embel-embel ‘bonus tali sepatu’. Cara ini bisa jadi solusi apabila kamu ingin terus bersaing di peperangan harga.

 

  • Service bagus

 

Konsumen adalah raja. Oleh karena itu, jangan hanya mengandalkan harga murah saja apabila ingin jualanmu laku. Kamu harus memberikan pelayanan terbaik, mulai dari menjawab tiap pertanyaan konsumen dengan tepat dan cepat, menanggapi komplain, serta membangun komunikasi interpersonal.

Ketika kamu bisa memberikan pelayanan terbaik atau bahkan sampai bisa membuat konsumen merasa nyaman, di situlah kamu bisa memenangkan pertarungan. Kamu melawan harga dengan kualitas layanan.

Konsumen akan sangat senang dan bahagia apabila dilayani dengan cepat serta bisa dicarikan tiap solusinya. Jual-beli itu tidak selalu tentang harga murah, tapi juga service yang diberikan.

 

  • Reputasi

 

Menjaga reputasi menjadi penting. Reputasi sebetulnya ada hubungannya dengan poin di atas, ketika kamu bisa melayani konsumen dengan baik maka mereka (konsumen) juga akan memberikan timbal balik positif. Salah satunya adalah dengan memberikan penilaian toko yang baik.

Konsumen pasti lebih memilih toko yang punya kredibilitas baik dibandingkan dengan toko yang memasang harga murah saja (tanpa punya reputasi baik). Reputasi baik bisa kamu dapatkan dengan cepatnya pelayanan serta kualitas pelayanan itu sendiri.

 

Jadi, itu adalah beberapa cara yang harus kamu terapkan agar bisa menghadapi perang harga. Ingat, murah itu tidak selalu menjadi solusi apabila ingin produk yang kamu jual laku keras. Kamu butuh strategi lain agar bisa menarik perhatian konsumen. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *